Di Ketinggian 3142 MDPL Merbabu Menunggu

merbabu 3142 mdpl

Merbabu, merupakan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya di Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Semarang dan Salatiga di lereng sebelah utara.

Merbabu

Merbabu

Berketinggian 3142 Meter Dari Permukaan Laut, objek wisata yang satu ini sangat diminati kawula muda. Karena jalurnya yang tak terlalu sulit, namun pemandangan yang disuguhkan sungguh membius jejeran bola mata yang ada. Suatu karya tangan Tuhan yang patut disyukuri 🙂

Merbabu mempunyai 7 buah puncak, dengan puncak tertinggi adalah Puncak Kenteng Songo 3142 MDPL dan Puncak Syarif 3119 MDPL.

Jalur pendakian Merbabu yang paling tua adalah Jalur Thekelan. Kemudian disusul Jalor Selo, Jalur Wekhas dan Jalur Chuntel.

Jalur Pendakian Via Selo

Jalur Pendakian Via Selo

Jalur Selo

Terletak di Dusun Tarubatang, Desa Genting, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Memiliki 2 basecamp yang terletak sekitar 50 meter sebelum gapura jalur pendakian Gunung Merbabu.

Jalur Selo merupakan jalur favorit para pendaki dikarenakan memiliki tingkat kesulitan medium dan cocok untuk pendaki pemula. Pemandangan yang akan disuguhkan jika Anda melewati jalur ini adalah hutan tropis, sabana rumput, bukit, kabut dan lain-lain. Selo sendiri diambil dari nama sebuah desa di Kabupaten Boyolali.

Persiapan Awal Memulai Pendakian

Persiapan Awal Memulai Pendakian

Untuk mendaki dari basecamp Selo, naiklah bus jurusan Boyolali-Magelang, turun di sekitar Polres Selo. Sesampainya carilah ojek, biasanya tarifnya sekitar Rp 10.000,- saja. Minta antarkan ke basecamp Selo. Disini track yang dilalui lumayan menanjak, karenanya tak jarang penumpang disuruh turun sebentar jika menemui jalan yang tak memungkinkan untuk tetap ada di motor.

 Sesampai di basecamp, uruslah surat perijinan pendakian. Pengunjung yang ingin melakukan pendakian biasanya dikenakan biaya sebesar Rp 4.000,- per kepala dan dikenakan biaya tambahan Rp 3.000,- jika pendaki ingin menitipkan kendaraan (motor).

Registrasi disini hanya perlu menggunakan KTP atau SIM, dan Anda dapat mendapatkan perijinan melakukan pendakian.

 Jarak dari basecamp ke pos 1 memakan waktu 60 sampai 2,5 jam.

Berikut rincian jalur pendakian dari Pos 1 sampai – Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarif/Trianggulasi:

Jalur Pendakian Via Selo

Jalur Pendakian Via Selo

 

  1. Pos 1

Titik pendakian awal adalah gerbang pendakian Gunung Merbabu jalur Selo, kemudian pendaki akan disuguhi hutan pinus yang biasanya digunakan sebagai area camping. Jalur yang akan dilewati cukup landai dan jelas. Sejauh ini belum banyak tenaga yang terkuras.

  1. Pos 2

Pos 2 biasa juga dikenal dengan Tikungan Macan. Jalur menuju pos 2 tidak berbeda jauh dari pos 1, jalurnya masih cukup landai dan masih dikelilingi pepohonan khas hutan tropis yang membuat udara di sekitar jadi terasa sejuk. Di tengah-tengah pos 2, pendaki akan menemui pos bayangan. Tapi sebelumnya, pendaki akan disuguhi tanjakan yang sangat terjal. Jarak dari pos 1 ke pos 2 adalah 45-60 menit. Namun juga tak jarang bisa ditempuh dengan waktu 30 menit saja.

  1. Sabana I

Sabana I merupakan tempat favorite kedua untuk mendirikan tenda. Pemandangan yang disuguhkan begitu fantastis, Anda akan melihat perbukitan dan jejeran pegunungan dari sini. Jarak dari pos II ke Sabana I adalah sekitar 2,5 jam.

 merbabu 6

merbabu 2

  1. Pos 3

Pos 3 bernama Watu Tulis. Dari pos 2 menuju pos 3, para pendaki mulai disuguhi track yang membawa keluar dari hutan. Pos 3 juga berupa dataran, namun lebih luas dari pos 1 dan pos 2, dan lebih di alam terbuka, sehingga tak jarang tenda langsung diterpa angin yang berhembus. Sama dengan pos 1 dan pos 2, pos 3 juga tidak memiliki sumber air. Akan tetapi pendaki akan disuguhi gunung merapi yang berdiri dengan gagahnya dari arah selatan. Sungguh pemandangan yang indah. Jarak dari Saban 1 ke Pos 3 ini adalah berkisar 45 menit – 1 jam.

  1. Sabana II

Nah, ini adalah favorite pertama untuk mendirikan tenda. Disamping tempatnya yang lebih luas dari Sabana I, pendaki akan lebih leluasa untuk mendirikan tenda. Disarankan, jika pendaki ingin melihat sunrise di puncak Merbabu, sebaiknya dirikanlah tenda disini, karena dari Sabana II ke puncak Merbabu hanya memakan waktu sekitar 1-2 jam saja.

Menuju Puncak Tertinggi Merbabu

Menuju Puncak Tertinggi Merbabu

 

  1. Puncak Kenteng Songo

Setelah Sabana II, pendaki akan disuguhi trek menanjak. Namun jangan khawatir, ada puncak tertinggi yang menunggu kita di atas sana. Yup, Puncak Kenteng Songo (3142 MDPL). Jarak dari Sabana 2 ke Puncak Kenteng Songo atau Trianggulasi ini memakan waktu sekitar 1 jam.

  1. Puncak Syarif

Menuju puncak tertinggi yang lain, yup, Puncak Syarif. Tidak lengkap rasanya jika tidak menapaki juga puncak yang satu ini. Dari Puncak Kenteng Songo menuju Puncak Syarif hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Dan taraaaaa, selamat datang di Puncak Syarif 😀 3119 MDPL.

Merbabu Punya Cerita

Merbabu Punya Cerita

Di Puncak Merbabu

Di Puncak Merbabu

Negeri di Atas Awan dari Merbabu

Negeri di Atas Awan dari Merbabu

Lautan Awan dari Atas Merbabu

Lautan Awan dari Atas Merbabu

Sesampainya di Puncak Merbabu

Sesampainya di Puncak Merbabu

Puncak Kenteng Songo

Puncak Kenteng Songo

Puncak Syarif

Puncak Syarif

Total waktu keseluruhan dari basecamp sampai ke Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarif adalah sekitar 8 jam 30 menit. Dan untuk turun biasanya hanya memakan waktu sekitar 4-6 jam saja.

Bagaimana? Anda tertantang untuk melakukan pendakian? Yup, disarankan sebaiknya para pendaki minimal latihan fisik terlebih dahulu 1 minggu sebelum pendakian, agar kondisi badan lebih fit, dan ketika turun dari pendakian Anda tidak terlalu kelelahan.

Selamat mendaki.. 🙂

*pendakian dilakukan untuk menambahkan rasa cinta dan syukur kita kepada-Nya yang Maha Kuasa. Bukan untuk menunjukkan siapa yang kuat dan hebat. Salam, pecinta alam!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s